Warung RINI, Jl. Abdul Manan Wijaya, Pujon, Jawa-Timur

Rawon oh rawon, rawon adalah makanan sehari-hari bagi rakyat di jawa-timur. Tersedia dirumah-makan besar, depot, warung kecil dan dirumah tangga sebagai masakan istimewa ibu-ibu. Disegala sudut kehidupan warga jawa-timur tidak lepas dari rawon. Dimana-mana nemuin rawon.  Walaupun harga daging melonjak, rawon tetap saja eksis adaptif.

Bagaimana kira-kira pengolahan daging, bumbu-bumbu utama rawon, secara garis besar dapat dilihat di : http://tips-cara.info/rawon-daging-enak-resep-membuat-masakan-sapi-bumbu-surabaya. Masih banyak lagi racikan pengolahan rawon, silahkan di google atau boleh tanya resep dari orang-tua kita.

Senyawa utama rawon adalah keberadaan Kluwek, apa itu kluwek ? Kluwek-lah yang merupakan Maskot Identitas dari Rawon, jelasnya lihat : http://medistraline.blogspot.com/2013/05/kluwek-manfaat-dan-bahaya-buah-kluwek.html.

Salah satu Warung/Depot yang menyediakan rawon, dan tentu saja rawon yang cocok dengan salero maspicard adalah Warung Rini, terletak di jalan utama kota PUJON. Kota yang dingin karena berada dikaki gunung besar-besar. kalau dari arah malang, warung Rini ada disisi kiri jalan. Silahkan lihat google map sebagai berikut :

Lokasi Kota Pujon
Lokasi Kota Pujon-Malang Jawa Timur
Dikaki Gun
Dikaki Gunung Arjuno dan Gunung Kawi
Lokasi Warung Rini sudah ada di Google Map
Lokasi Warung Rini sudah ada di Google Map

Ini dia penampakan warungnya, relatif sederhana dan bersih khas warung-warung atau depot di Malang-an.

Tampak Depan
Tampak Depan Warung Rini
Interior
Interior, tersedia kue oleh-oleh
Menu
Ada menu-menu  andalan selain rawon.
Etalase
Etalase Warung Rini
Ikan goreng
Ikan goreng juga ada

dan menu yang top markotop adalah Rawon + Kopi panas, duuoooor …. anget awak iki,

Rawon
Rawon + Kopi Tubruk Malang-an
Di-close up
Di-close up rawon-nya

Genre rawonnya ini rasa Light, enteng, ringan tidak mlekoh. Dagingnya tidak terlalu banyak, tetapi teksturnya empuk lembut sama sekali tidak melawan saat dikunyah. Ada garis-garis ruas lemak disela daging, sangat pas mengangkat rasa gurih tetapi tidak sampai berlebihan. Sambal dan kecambah melengkapi tambahan cita rasa pedas dan segar. Kuah rawonnya relatif ringan segar dan rasa kluwek tidak penuh mendominasi. Sehingga secara keseluruhan rawon ini berkategori Ringan dan Segar,sangat cocok bagi penikmat yang sudah usia setengah baya. Tidak ada jejak lemak tersisa dimulut, bersih enak gurih. Recomendeed bintang 4 deh.

Kopi panasnya, sebaiknya diteguk setelah tidak terlalu panasss. Terasa kopi membasuh sedikit rasa sisa lemak yang ada, sehingga komposisi senyawa dirongga mulut menjadi netral kembali dan yang penting setelah makan kita tetap segar. Dipompa khasiat kopi, dapat mengeliminasi resiko kantuk yang biasanya timbul setelah kita menyantab menu karbo. Sehingga apabila masbro sedang dalam perjalanan nyetir, tidak kuatir menjadi ngantuk setelah menghabiskan rawon bu Rini ini.

Sayang, saya lupa tepatnya berapa harga per-porsinya, tetapi kalau gak salah dibawah 17rb.

Sign ditepi jalan
Sign ditepi jalan raya Pujon
Sepatu pengunjung, pakai Boot dari Ladang.
Sepatu pengunjung, pakai Boot.

Kalau Anda lapar kebetulan sedang lewat Pujon, silahkan mencoba rawon ini, paduan antara kesederhanaan-yang pas-ringan-tidak berlebihan, hangat dan gurihnya kaldu+kluwek tidak akan terlupakan.

Wass,

catatan: Depot rawon-rawon kelas raksasa dan kelas paus di malang antara lain


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s